Kamis, Juli 19, 2012

Marhaban Ya Ramadhan 1433 H


...Media Ummat : Ikhlas itu seperti apa ?, Ikhlas seperti surat 
Al-Ikhlas, yang tidak ada kata ikhlas didalamnya. Selama ikhlas masih terucap, itu berarti belum ikhlas,
karena hanya dia yg ikhlas, yang senantiasa berbuat tanpa pernah menyebut keikhlasannya.
...Saatnya kita fokuskan niat dengan sungguh-sunguh tulus dalam hati untuk memulai ibadah bulan Ramadhan. Karena, Innamal a’ malu binniat. Sesungguhnya semua amal (perbuatan) tergantung pada niatnya.Juga IKHLAS ...

DOA BERPUASA
Artinya :
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku berniat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala

DOA BUKA PUASA
Bismillaahirrohmaanirrohiim,
Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa Ă¢€˜alaa rizqika afthartu birahmatika ya arhamarrohimin.
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih

 
 **** Segala sesuatu menjadi jelek atau buruk adalah karena sebab-sebab tertentu. Demukian pula fitrah manusia, pada mulanya adalah baik, tetapi karena kesalahan dan kelalaian manusia itu sendiri, maka ia menjadi buruk. Ibadah puasa adalah salah satu pembimbing manusia, agar tetap pada fitrahnya atau kalau terlanjur menjadi buruk karena kesalahan manusia yang memiliki fitrah tersebut, hendak dikembalikanya kepada keasliannya yaitu baik.

**** Manusia dilahirkan ke dunia dalam keadaan suci. Ia baru menjadi kotor kalau melakukan kesalahan. Kesalahan akan membuahkan dosa jika dilaksanakan dengan penuh kesadaran setelah orang itu aqil baligh/mukallaf. Manusia selalu hidup dalam kesucian, dengan bertaubat kepada Allah. Orang yang telah bertaubat kepada Allah ibarat orang yang belum pernah melakukan dosa, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya :“Orang yang bertaubat ibarat orang yang belum pernah melakukan dosa”

***** Ibadah Puasa mendidik dan membimbing manusia kepada keadaan yang memungkinkan kembali kepada kesucian, karena ibadan Puasa merupakan salah satu kunci pembuka pintu taubat. Dikatakan pembuka kunci pintu taubat karena ibadah Puasa atau Ramadhan itu termasuk salah satu amalan dalam rukun Islam yang menghapus dosa.
Semoga dengan tulisan ini kita secara sadar bahwa kualitas Fitrah (kesucian) seseorang, tidak hanya ditentukan dari seberapa keras dan rajin beribadah selama bulan Ramadhan tetapi lebih dari itu, apakah ibadah  Ramadhan itu berpengaruh pada sikap dan tindakan kita yang lebih baik setelah kita meninggalkan bulan Ramadhan DARI TAHUN KE TAHUN?,Wallahualam’bishawab.

***** ‘Seiring dengan ketidak-samaan waktu puasa tahun ini, namun hendakx tdk menjadikan kualitasnya berbeda, karena hanya Allah SWT Yang Maha Penetap & Maha Pemutus Yang Adil. Selamat menjalankan ibadah shaum, kembali fitrah, seperti argometer yg dimulai lagi dari “NOL”.
---------------------------------------- >>> Marhaban Ya Ramadhan 1433 Hijriyah...


M***M

Tidak ada komentar: