Jumat, November 16, 2012

POTENSI ANDA YANG MANA ?


Media Ummat : Dalam beberapa refrensi ilmu manajerial, kejiwaan dan business disebutkan bahwa Menjadi individu yang sukses dan berhasil adalah impian semua orang, termasuk anda yg membaca artikel bebas ini.

Yang jelas kita harus selalu pandai memotivasi diri kita tetap semangat dalam mencapai kesuksesan atas apa yang kita inginkan. Sebagaimana juga yang diajarkan dalam agama kita masing-masing; Dan bercerminlah, dengan bercermin kita memahami akan POTENSI DIRI.
JL Holland seorang psikolog dari AS menyebutkan bahwa ada 6 potensi yang terdapat dalam diri, yaitu;

A. TIPE KONVENSIONAL
Ciri ciri dari kepribadian konvensional ialah selalu hati-hati, mengikuti arus, metodis, efisien, cermat, tidak fleksibel, pemalu, tidak mau menonjolkan diri, patuh, teratur , tekun, praktis, cermat, sopan, tidak suka berimajinasi. Pekerjaan yang cocok untuk tipe konvensional sebagai resepsionis, sekretaris, operator komputer dan akuntan.

B. TIPE SOSIAL
Ciri-ciri kepribadian konvensional adalah: menyukai orang, supel dalam pergaulan, ramah, dermawan, suka menolong, baik hati, rasa empati yang dominan, persuasif, sabar, menyukai team work, bertanggungjawab dan bijaksana. Pekerjaan yang cocok untuk tipe sosial sebagai Guru, ibu rumah tangga, konsultan manajemen

C. TIPE INVESTIGATIVE
Ciri-cirinya adalah rasional, analitis, rumit, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, teliti, sering menyendiri, instrospektif, pemalu, hati-hati dalam bertindak, tidak terburu-buru, tidak terbawa emosi, tidak terlalu disukai orang. Pekerjaan yang cocok untuk tipe Investigative sebagai ilmuwan, dokter, penerjemah, surveyor, peneliti, dosen

D. TIPE ARTISTIK
Ciri-cirinya berpenampilan berantakan, emosional, impulsive, tidak praktis, mandiri, instrospektif, imajinatif, orisional, kreatif, intuitif, peka, terbuka, disukai banyak orang. Pekerjaan yang cocok untuk tipe artistik sebagai penulis, musisi, jurnalis, seniman, disainer, actor, kritikus seni.

E. TIPE REALISTIS
Ciri-ciri kepribadian realistis adalah tidak suka omong kosong, tidak suka mengumbar janji atau kata-kata , keras kepala, materialistis, praktis, jauh dari pergaulan, sedikit bergaul, natural dalam berbuat, berterus terang, ikut arus, fleksibel, tekun dan cermat. Pekerjaan yang cocok untuk tipe realistik sebagai sopir, pilot, mekanik, juru masak, petani.

F. TIPE ENTERPRENUER / BUSINESS
Ciri-ciri tipe kepribadian ini sangat gigih, memiliki ambisi yag kuat, menyenangkan, mendominasi, suka bertualang, suka bereksperimen, terkadang bertindak berlebihan, suka berbicara, memiliki rasa percaya diri, optimis, siap mencoba apapun. Pekerjaan yang cocok untuk tipe pengusaha sebagai penjual, eksekutif, manajer, wiraswasta

Dan, bagaimana dengan Anda ?
...>))))O:> .....

Tidak ada komentar: