Selasa, Februari 14, 2012

..Malkom X: Dari dunia Hitam menuju kedamaian Allah..


...... Malcolm X (lahir 19 Mei 1925 – meninggal 21 Februari 1965 pada umur 39 tahun) adalah tokoh Muslim dari kaum Afrika-Amerika yang ketokohannya dapat disandingkan dengan Dr. Martin Luther King yang berjuang menghapus segala macam diskriminasi lebih-lebih yang menimpa kaum Afrika-Amerika yang sering dikonotasikan dengan kaum negro yang terdiskriminasikan.

Malcolm X alias Malcolm Little lahir pada tanggal 19 Mei 1925 di Omaha, Nebraska . ibunya bernama Louise Little dan ayahnya bernama Pendeta Earl, seorang pendeta baptis dan anggota UNIA (Universal Negro Improvement Association) yakni sebuah organisasi yang dirintis oleh Marcos Aurelius Garvey ; yg brtujuan mewadahi perbaikan hidup bagi orang orang negro. 

Semasa kecilnya Malcolm dan keluarganya sering menjadi sasaran penembakan, pembakaran rumah pelecehan dan ancaman lantaran ayahnya adalah anggota UNIA yang militan, perbedaan keyakinan melahirkan konflik diantara mereka, dan ayahnya pun tewas dgn cara yg keji, dibantai kelompok rasis kulit putih . Pengalaman buruk ini membekas kalaupun Malkom saat itu berusia 6 thn.

Sekitar thn.1947 (?) dia menunaikan ibadah haji utk melengkapi ke-Islamannya. "Pengalaman haji yang saya alami dan lihat sendiri benar benar memaksa saya mengubah banyak pola pikir sebelumnya dan membuang sebagian pemikiran saya (yg buruk2?). Hal itu tidaklah sulit bagi saya." Kata-kata ini sebagai bukti bahwa dirinya mengubah pandangan dari memperjuangkan hak sipil orang negro ke level Internasional dan berbasis ‘humanis- Islam. Malcolm X pun berganti nama menjadi Haji Malik

Setelah malang melintang dlm lintasan kehidupan ‘brutal & hitam sekitarnya (Mariyuana, Sex bebas, Konflik sosial/rasis, dsb) dan keinginan HIDUP NYAMAN DALAM BERBEDA KEYAKINAN. Akhirnya Malcolm X mendirikan Organization of Afro-American Unity pada 28 Juni 1964.   
Ia bersahabat dekat, satu visi dlm hidup dgn Muhammad Ali - Legenda tinju dunia, kerap mrk pun terlihat berdua , berdiskusi banyk hal.

Sayang tidak semua ‘sahabat hitamnya mendukung, Dia tewas ditembak 3 orang warga Afrika-America tgl. 21 Februari 1965, sesaat ia akan ceramah di New York. Kendati demikian, perjuangan & keyakinannya selama ini membuahkan hasil dan tersebar kepenjuru dunia khususnya dalam menyebarkan visi antirasisme dan nilai-nilai Islam yang humanis. Banyak jg yg kini menilai jika dia ‘Islam Liberalis. Tapi Allah SWT telah memilih dia sbg satu umat pilihan, hidup mati utk Allah.
.................................... Jika itu Malkom X,  lalu kita bisa apa? ........................

Tidak ada komentar: